Rabu, 17 Oktober 2012

Memperbaiki Motherboard yang Rusak

Motherboard atau main board adalah papan sirkuit yang menghubungkan komponen elektronik seperti mikroprosesor dan memori (RAM,ROM,BIOS) dan chip kontroler lainnya, walaupun berbagai macam merk tapi fungsinya tetap sama, kita tahu kakalu motherboard ada berbagai macam merk dangan harga yang berpariasi pula, tapi kadang kerusakan motherboard tidak mengenal apa itu motherboard mahal ataupun yang murah, kalau sudah rusak mau gimana lagi.
Tapi jangan dibuang dulu, mungkin kita bisa perbaiki ya kalau kita beruntung hehe........., berikut ini masalah umum dari sebuah motherboard yang suka rusak:

1. Mati Total
  • Periksa power supply; matikan listrik dengan mencabut kabel listrik daripower supply, lepaskan soket-soket yang terpasang pada motherboard, setelah semaunya terlepas colokkan kembali kabel listrik, terus hubungkan pada power supply kabel yang warne hijau dengan kabel yang warna hitam, dan kita periksa apakah kipas yang ada pada power supply tersebut berputar apa tidak? Jika berputar berarti power supply tersebut masih bagus, dan sebaliknya, kalau sudah cabut jumper tadi.
  • Pasang kembali ke motherboard, periksa jumper Clear CMOS, apakah ada diposisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru posisi jumper CMOS terletak pada posisi Clear.
  • Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di switch ON, apakah terasa panas atau tidak dan apakah pabnasnya berlebihan, bila panas berlebihan akan terjadi over heat berarti chipset tersebut sudah rusak. Untuk bagian IC CMOS sejauh ini belum dijual bebas bila tidak terasa hangat, maka daya tidak sampai ke chipset, artinyasistem distribusi ndaya pada motherboard tidak bekerka atau rusak.
  • Periksa juga apakah switch power bekerja normal apa tidak.
  • Bongkar motherboard dengan hati-hati, coba anda lakukan pembersihan dengan memakai tiner  pembersih, dituangkan pada motherboard dalam bak. Setelah itu keringkan sampai benar-benar kering.
  • Ganti IC regulator yang terletak disekitar doket power pada motherboard ATX.
  • Ganti Elco yang berkapasitas 1000 s/d 3000uf/10v, terletak dekat power ATX konektor pasa motherboard (lihat pada gambar yang dilingkari diatas). Hati-hati dalam melakukan penyolderan menghubungkan sirkuit yang satu dengan yang lain. Ingat putuskan dulu kabel listrik yang mungkin masih terhubung ke listrik.
2. Turn ON tapi tidak ada tampilan
  • Cobalah untuk mendengarkan suara beep, jika terdengar suara beep yang aneh dari yang lain maka kerusaka ada pada prosesor, memori dam VGA.
  • Periksa prosesor, coba dengan pegang pendinginnya bila terasa panas yang berlebihan kipas prosesor tidak bekerja sebagaimana mestinya, dan apabila terasa dingin atau terasa hangat berarti prosesor tersebut tidak bekerja alias mati.
  • Periksa memori/RAM, biasanya ketika memori rusak akan terdengar suara beep sebanyak 3 kali, matikan komputer lepas momori tersebut lalu bersihkan pin dengan menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali jika masi tidak bekerja berarti memori rusak.
  • Periksa kartu VGA, cabut kartu VGA dala keadaan komputer mati/OFF, ada kemungkinan tidak terpasang dengan baik, cabut dan bersihkan pin dari kartu memori lalu pasang kembali, jika kartu VGA menggunakan kipas bersihkan juga kipasnya.
  • Jika masih tidak muncul gambar periksa monitor yang tidak menyala, untuk memastikan bahwa yang rusak monitor atau CPU, coba untukmenekan tombol NUMLOCK pada keyboard, apakah lampu led menyaka atau tidak.
3. Hang dan Sering Mati
  • Periksa power supply, coba gunakan power supply yang lain apakah masih hang atau me0restart sendiri, jika setelah diganti dengan power supply normal/baik, masalah terdapat pada power supply.
  • Periksa apakah system anda terinfeksi virus atau tidak, selalu install anti virus dan aktifkan automatik perlindungan. Anda harus selalu mengupdate anti virus andauntuk menangani jika ada virus baru.
  • Bila komputer anda hang danb ada pesan blue screen seperti "ERROR AT ADDRESS........." biasanya ada masalah dalam memori. Bersihkan memori seperti langkah diatas.
  • Cobalah untuk me-repair atau menginstall ulang windows anda, jika masih hang, cobalah untuk me-restart. Perikssa motherboard anda, apakah anda melihat perubahan fisik dari motherboard anda, miasalnya dalam komponen-komponen di motherboard?, terutama kapasitor, yang berbentuk bulat hitam dan ada tulisan kapasitas 10 volt. Volt terletak diantara 1000 s/d 3000 uf/10V, biasanya akan terlihat. Bila terlihat komponen tersebut membengkak, ada cairan atau karat, segera cabut dan ganti dengan kapasitor yang baru.
Semoga bermanfaat untuk para pembaca blog ini. Sekian dan terima kasih.